HAKEKAT TAREKAT {THORIQOH}
A. MAQOM TOBAT
B. MAQOM ZUHUD
C. MAQOM SABAR
D. MAQOM RIDHO
E. MAQOM MUQARROBAH
F. MAQOM MA'RIFAT
Proses ini cukuplah berat dalam kondisi jaman yg sudah edan ini,namun alangkah mulianya bila anda berniat membersihkan diri dari sifat2 yg bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain.
MAQOM TOBAT adalah pondasi utama untuk menjalani proses TAREKAT,selanjutnya dari MAQOM TOBAT hendaknya selalu mengamalkan wirid sesuai petunjuk dari seorang mursyid.sehingga dapat mencapai MAQOM ZUHUD,karena untuk pindah kesetiap tahapan sangatlah berat, oleh karena itu hendaknya selalu mengikuti TAHZIB atau latihan SPIRITUAL dr mursyidnya.
dalam MAQOM TOBAT ada 4 tahapan awal yg biasanya dilaksanakan dlm prosesi spiritual, antara lain;
1. menjaga sgala ucapan/perkataan [ sumt]
2. menyendiri untuk bertafakhur [ UZLAH]
3. berpuasa atau mengurangi makan [ SHOUM]
4. mengurangi tidur atau bangun diujung malam [SAHR]
sebenarnya masih banyak tahapan2 yg perlu dilalui, namun semua itu tergantung bagaimana seseorang memahami akan torekat itu sendiri, tp yg terpenting awal niat adalah segala-galanya untuk bs mencapai hasil yg optimal, karena dalam MAQOM TOBAT tidaklah cukup hanya sekedar dg niat saja perlu didorong keyakinan yg kuat serta tekad yg besar untuk bs menebus segala dosa maupun kesalahan dan kekurangan kita.dan inti dr tahapan ini adalah kita benar2 niat untuk membersihkan diri dgn segala kejernihan hati dn fikiran kita tanpa terpengaruh akan kondisi maupun situasi dalam prosesi tersebut. selanjutnya proses dr tahapan awal dikembangkan dengan prinsip TAREKAT yg nantinya bs membawa kedamaian disaat kita bermunajad, diantaranya adalah:
1. HUY DAR DAM [ kesadaran dalam bernafas]
2. NASR BART QODAM [memperhatikan setiap langkah]
3. SAFAR DAR WATHAN [perjalanan mistik]
4. KHOLAWAT DAR ANJUMAN [kesendirian dalam keramaian]
5. YARD KARD [peringatan untuk kembali]
6. BAZ KARD [ menjaga pemikiran ]
7. YARD DZAT [ memusatkan perhatian pada DZAT ALLOH]
prinsip ini bisa kita sandarkan untuk mencapai proses tarekat dan pencapaian dari TOBAT, UZLAH, ZUHUD, TAQWA, QONAAH [menerima apa adanya], TAZLIM [ berserah diri ],dan ketujuh prinsip ini tidak akan sempurna bila tidak melakukan pengontrolan sebagai berikut;
1. WUQUF ZAMANI; yaitu mengontrol dan mengoreksi seberapa besar ingat kita ALLOH SWT dalam menjalani hidup
2. WUQUF 'ADADI; yaitu kontrol dalam menjalani bilangan ganjil dalam berdzikir
3. WUQUF QOLBI; yaitu kontrol dalam hati untuk selalu hadir bersama ALLOH SWT.
TAREKAT rupanya mampu MENJAJIKAN suasana hati dan jiwa yg sejuk dan tentram,bahagia secara spritual, terutama bagi mereka yg terbebani oleh berbagai masalah kehidupan dimasyarakat modern yg kering kerontang,dalam dunia yg serba sibuk sekarang ini, ada baiknya orang mengamalkan TAREKAT tapi yang sesuai SYARIAT, manusia modern perlu bermuka rohani, dgn mendekatkan diri kepada yang MAHA KUASA, dgn harap- harap cemas karena merindukan ALLOH SWT.
Dalam ISLAM memang banyak berkembang berbagai aliran TAREKAT, MUHAMMMAD MUSTOFA HILMY dalam KITAB AL-HAYYAN AL-RUHIYYAH FIL ISLAM menulis, SUFI membentuk kelompok atau aliran2 TASAWUF dengan aturan masing2 yang dikembangkan oleh para pengikutnya, beberapa kelompok TAREKAT yang muncul pada ABAD keempat HIJRIYYAH antara lain; MULAMATIYYAH [QUSYAIRIYAH], THAIFURIYYAH, KHAZARIYYAH, HALLAFIYAH, NURIYAH, JUNAIDIYAH, dan GHOZALIYYAH,
selang beberapa abad kemudian muncul TORIQoH AKBARIYAH, SUHROWADIYAH,YASAWIYAH, SYASYATIYAH, KHOLAWTIYAH,BAKHTASYIYAH,IDRISIYAH dll, dan beberapa TAREKAT yang berkembang dan banyak pengikutnya adalah TAREKAT QODIRIYAH,RIFAIYAH, SYADZILIYAH, SYATARIYAH, TIJANIYAH, dan paling besar adalah NAGSYABANDIYAH yg mempunyai pengikut terbanyak didunia,.
perbedaan perkembangan ditiap2 TAREKAT yang banyak pengikutnya dijelaskan dalam KITAB FIL THURUGIS SUFIYYAH disebutkan beberapa faktor antara lain;
PERTAMA ; perbedaan pandangan antara para syekh atau mursyid dalam memahami teks dan dimensi spiritual.
KEDUA; adanya perbedaan dalam cara maupun praktek prosesi ritual dalam berlatih TAREKAT bagi para pengikutnya.
KETIGA; adanya perbedaan dalam menerapkan pola maupun bentuk2 amalan2 ibadahnya.
KEEMPAT; munculnya sistem organisasi dikalangan para pengamal tarekat yang disebut NIZAMUL RIBARTH, ZAWIYAH.
Banyak jalan menuju kehadirat ALLOH SWT begitu seorang hamba sudah menemukan rasa cintanya kepada sang pencipta,dan memperoleh pencerahan cahaya rahmadnya, maka bisa dimaklumi jika para pengikut TAREKAT sangat peduli dengan kebenaran dan keadilan. disini kita bs mengambil sebuah kesimpulan bahwa HAKEKAT TAREKAT adalah SUCI HATI DAN TAQWA JIWA,dan disinilah fungsi TAREKAT yang sesungguhnya,yaitu menjaga kolbu dari hal2 yang mengotori. jadi, apabila hati telah terukir kalimad tauhid, ia akan malu kepada ALLOH ketika berbuat hal2 yang tidak terpuji. dan ini hanyalah seklumit dari bagian tujuan TAREKAT
No comments:
Post a Comment